Thursday, March 1, 2012

Tips Cara Merawat Baterai Laptop

Mempunyai laptop dengan daya tahan baterai yang lama adalah sangat penting untuk membuat Anda dapat bekerja dengan baik dimana pun Anda berada. Jika Anda menghabiskan berjam-jam di jalan, Anda akan melihat betapa cepat energi baterai yang terkuras, dan itu tentu saja membuat kesal. Berikut adalah beberapa tips cara merawat baterai laptop yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang masa pemakaian dan umur baterai.
  1. Turunkan Lampu dan Volume.
    Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak energi yang digunakan pada layar laptop. Semakin Anda menurunkan kecerahan layar Anda, Anda akan mendapatkan tambahan waktu pemakaian baterai. Anda tidak hanya memperbesar daya tahan baterai, tetapi juga membantu mata Anda dan mencegah sakit kepala. Selain itu, menurunkan volume jika tidak digunakan akan membantu Anda menghemat baterai. Hal ini tidak berpengaruh besar, tetapi akan membuat perbedaan kecil.
  2. Cabut Perangkat Eksternal
    Cabut flash drive, hard drive eksternal, iPod, atau card reader dari laptop Anda yang tidak terpakai. Laptop sangat berguna dalam pengisian perangkat seperti iPod atau bahkan ponsel, tetapi jika pengisian perangkat benar-benar diperlukan. Aturan ini juga berlaku untuk optical drive. Pastikan tidak ada CD atau DVD yang disimpan dalam drive. Ketika drive Anda berputar, itu akan menguras baterai Anda. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi ketika tidak digunakan. Item ini bekerja saat laptop berjalan dan, akibatnya, menambah pemakaian listrik.
  3. Defrag Hard Drive
    Melakukan defrag hard drive, bukan saja akan membuat laptop Anda berjalan lebih cepat dan lebih baik, tetapi juga akan memperpanjang masa pakai baterai Anda. Ketika komputer Anda telah didefrag, hard drive tidak harus bekerja keras. Dengan ini hard drive tidak mendapat beban yang besar saat bekerja sehingga baterai pun juga tidak harus bekerja keras.
  4. Hibernate
    Menempatkan laptop pada mode hibernate bukannya sleep atau modus siaga akan menghemat sejumlah besar kekuatan baterai. Baik sleep dan modus siaga akan menghemat sedikit baterai, namun itu tetap masih terus menguras baterai Anda. Menempatkan laptop pada mode hibernate adalah sangat penting jika Anda tidak menggunakan laptop untuk beberapa waktu.
  5. Suhu Laptop
    Ketika suhu pada laptop Anda mulai panas itu akan menguras baterai. Suhu dapat meningkat jika Anda menggunakan laptop Anda untuk jangka waktu yang cukup lama atau jika ditempatkan dalam lingkungan yang panas. Untuk melindungi laptop Anda dari panas, jangan letakkan laptop Anda pada selimut, bantal, pangkuan Anda atau jenis permukaan yang lembut ketika menggunakannya.
Tips cara merawat baterai laptop diatas hanya merupakan cara sederhana, namun jika dilakukan sering dan benar, akan memberikan perbedaan yang nyata dalam daya tahan baterai laptop Anda.
Review Laptop Terbaik